Menu

Mode Gelap
Nahdliyin Muda Usulkan Ridwan Kamil-Ono Surono di Pilgub Jabar 2024 Sekda Herman Suryatman: Operasi Pasar Bersubsidi Tuntas H-4 Lebaran Pastikan Keselamatan dan Kenyamanan, Perhatikan Aturan Bagasi Penumpang Whoosh Sehari Dilantik, Sekda Herman Suryatman Langsung Rapat secara Maraton Bey Machmudin Harap Kontribusi Bank BJB Semakin Besar dalam Pembangunan Jabar

Berita Ekonomi · 12 Feb 2023 13:12 WIB

Bio Farma Kolaborasi dengan Forum CSR Tenant Indotaisei Tanam Mangrove


					Bio Farma Kolaborasi dengan Forum CSR Tenant Indotaisei Tanam Mangrove Perbesar

KAB. KARAWANG (Pajajaran Ekspres) — Bio Farma, induk Holding BUMN Farmasi, melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bekerja sama dengan Forum CSR Tenant Indotaisei dalam penanaman mangrove untuk Pesisir Pantai di Desa Muarabaru, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, Sabtu (11/02). Kegiatan penanaman mangrove juga turut dihadiri Kepala Bappeda Kabupaten Karawang dan juga beberapa perusahaan lainnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Karawang, Dindin Rachmadhy mengatakan ”Kami selaku pemerintah daerah mengucapkan terima kasih telah memberikan kontribusi atau dukungan dari dunia industri, untuk kegiatan-kegiatan yang menurut kami sangat penting yaitu untuk menjaga garis di pesisir pantai. Dengan adanya kegiatan penanaman mangrove ini kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat baik manfaat secara lingkungan juga manfaat dari sektor ekonomi”.

Direktur Utama Holding BUMN Farmasi, Honesti Basyir menyampaikan bahwa Bio Farma memiliki komitmen yang kuat dalam melestarikan lingkungan. “Kegiatan penanaman mangrove sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian lingkungan ini, bukan kali pertama bagi Bio Farma, sebelumnya Bio Farma juga terus aktif dan berkomitmen dalam mendukung pelestarian lingkungan salah satunya dalam rangka peringatan Hari Lahan Basah Sedunia yang jatuh pada  setiap bulan Februari, Bio Farma telah melakukan penanaman 2000 pohon keras di Gunung Masigit Kareumbi dengan tujuan memperbaiki fungsi hutan dan membantu air agar terserap ke dalam tanah” ujar Honesti.

Baca Juga :  Pastikan Keselamatan dan Kenyamanan, Perhatikan Aturan Bagasi Penumpang Whoosh

Dalam sambutannya, Ketua Forum CSR Tenant Indotaisei, Syaipul Alamsyah, menyampaikan bahwa pemilihan Muarabaru sebagai lokasi penanaman mangrove, karena kekhawatiran dengan sudah banyaknya contoh pesisir di wilayah lain yang sudah mengalami abrasi, penanaman mengrove ini diharapkan dapat mencegah terjadinya abrasi yang mengancam masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir pantai.

Selain bekerja sama dengan perusahaan dan pemerintah daerah setempat, forum CSR Tenant Indotaisei juga bekerja sama dengan komunitas lingkungan yaitu Cipta Pesona Desa dalam mengadakan kegiatan penanaman mangrove.

Ketua komunitas Cipta Pesona Desa, Ahmad Fatoni menyampaikan “Tujuan kami yaitu untuk mengembalikan kondisi lingkungan yang lebih ramah terhadap masyarakat karena sudah kita ketahui cuaca pasang ekstrem sudah sering terjadi di Indonesia, dan juga kami berharap dengan penanaman pohon mangrove ini dapat mengembalikan ekosistem yang sekarang sudah mulai menurun”.

Baca Juga :  Wagub Uu Ruzhanul Dorong Pelajar Berwawasan Politik

Kepala Divisi TJSL, Tjut Vina menambahkan Bio Farma melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan sebagai BUMN akan terus berupaya dan berkomitmen untuk mendukung pelestarian dan peningkatan ekonomi penduduk sekitar.

“Salah satu tujuan penanaman mangrove ini adalah untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan, tumbuhan Mangrove ini juga merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki akar kokoh yang dapat meredam gelombang besar termasuk tsunami. Oleh karena itu, manfaat penanaman mangrove sangat penting sekali untuk mencegah efek dari terjadinya bencana alam”ungkap Tjut Vina.

Dalam penanaman mangrove kali ini, Bio Farma menyumbang 600 bibit pohon mangrove  jenis rhizophora. Bio Farma juga merupakan satu-satunya BUMN yang terlibat dalam kegiatan penanaman mangrove di Pesisir Pantai Karawang.

Artikel ini telah dibaca 58 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

BUMDes Arya Kemuning di Kuningan berkembang pesat, serap ratusan tenaga kerja dari warga desa

23 Mei 2024 - 14:51 WIB

CYCLING DE JABAR 2024, Jawa Barat Miliki 42 Titik “Sport Tourism”

23 Mei 2024 - 13:57 WIB

Bey Machmudin Serahkan Keputusan Mendagri Perpanjangan Pj Bupati Bekasi

23 Mei 2024 - 12:46 WIB

BBMC Indonesia Somasi, Siap Pidanakan Oknum yang Masih Gunakan Logo BB1%MC

23 Mei 2024 - 11:52 WIB

Bey Machmudin Ajak Forkopimda Nonton Persib Bandung Lawan Madura United di Jalak Harupat

22 Mei 2024 - 20:47 WIB

Pemprov Jabar Akan Evaluasi Penanganan Citarum Harum

22 Mei 2024 - 18:41 WIB

Trending di Beranda