Menu

Mode Gelap
Nahdliyin Muda Usulkan Ridwan Kamil-Ono Surono di Pilgub Jabar 2024 Sekda Herman Suryatman: Operasi Pasar Bersubsidi Tuntas H-4 Lebaran Pastikan Keselamatan dan Kenyamanan, Perhatikan Aturan Bagasi Penumpang Whoosh Sehari Dilantik, Sekda Herman Suryatman Langsung Rapat secara Maraton Bey Machmudin Harap Kontribusi Bank BJB Semakin Besar dalam Pembangunan Jabar

Berita Daerah · 25 Jan 2023 20:47 WIB

Hadiri Rakor MUI Jabar, Pak Uu: Ulama dan Umara Harus Bersinergi


					Hadiri Rakor MUI Jabar, Pak Uu: Ulama dan Umara Harus Bersinergi Perbesar

KAB. SUMEDANG (Pajajaran Ekspres) — Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menghadiri Rapat Koordinasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Rabu (25/01).

Dalam acara tersebut, Pak Uu –sapaan Uu Ruzhanul– berharap MUI di daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, menjalin komunikasi yang baik dengan kepala daerah.

“Kepala daerah butuh kebersamaan dengan para ulama, maka MUI bisa jadi fasilitator yang menghubungkan antara umat dan umara,” ucap Pak Uu.

Baca Juga :  HUT Kab. Cirebon, Bey Machmudin: Pemdaprov Jabar Terus Dukung Kemajuan Kabupaten Cirebon

Dengan begitu, kata Pak Uu, pemerintah dan MUI dapat bersama-sama membimbing umat dan merumuskan kebijakan dakwah. Begitu juga nasihat dan fatwa dapat diberikan sesuai fenomena yang tengah terjadi.

“Sering-sering rapat dengan para pihak membahas fenomena yang berkembang (di tengah masyarakat), lalu putuskan dan jadi payung hukum buat para pejabat,” kata Pak Uu.

Baca Juga :  Pemkab Sumedang dan Forkopimda Sepakat Turunkan Angka Kemiskinan

“Mudah-mudahan, rapat kali ini mampu mengeluarkan putusan yang rasional, termasuk siapnya MUI menghadapi fenomena di masyarakat,” imbuhnya.

Ketua MUI Jabar Rachmat Syafei menuturkan, rapat koordinasi kali ini akan membahas isu keumatan yang sedang dan akan dihadapi.

“Silaturahim pada pertemuan ini penting, dan harus dimaknai demi meningkatkan kesadaran kita sebagai ulama, memiliki peran menonjol terhadap kesatuan persatuan, persaudaraan di antara kita,” ucapnya.

 

Artikel ini telah dibaca 16 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Tak Hanya Ramaikan Bursa Pilgub, Haru Siapkan Strategi Tuk Benahi Jabar Mendatang

25 Mei 2024 - 12:55 WIB

Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Tol, PT Jasa Raharja dan PT Jasa Marga Lakukan  Giat Pemasangan Stiker Panduan Keselamatan Berkendara

24 Mei 2024 - 15:19 WIB

PT Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Barat melaksanakan kegiatan Jasa Raharja mengajar bersama Institut Teknologi Bandung

24 Mei 2024 - 15:05 WIB

Jasa Raharja Jawa Barat Turut Ambil Bagian Dalam Giat Penertiban Kendaraan ODOL

24 Mei 2024 - 14:54 WIB

Jasa Raharja Perwakilan Sukabumi Gelar Rapat FKLL di Wilayah Kabupaten Cianjur

24 Mei 2024 - 14:43 WIB

Jasa Raharja Jawa Barat Turut Serta Dalam Kegiatan Operasi Keselamatan Hari Libur Waisak di Wilayah Kabupaten Bandung

23 Mei 2024 - 15:23 WIB

Trending di Berita Daerah