Menu

Mode Gelap
Nahdliyin Muda Usulkan Ridwan Kamil-Ono Surono di Pilgub Jabar 2024 Sekda Herman Suryatman: Operasi Pasar Bersubsidi Tuntas H-4 Lebaran Pastikan Keselamatan dan Kenyamanan, Perhatikan Aturan Bagasi Penumpang Whoosh Sehari Dilantik, Sekda Herman Suryatman Langsung Rapat secara Maraton Bey Machmudin Harap Kontribusi Bank BJB Semakin Besar dalam Pembangunan Jabar

Berita Daerah · 18 Feb 2023 14:37 WIB

Jabar Intens Sempurnakan Pengusulan Inggit Garnasih sebagai Pahlawan Nasional


					Jabar Intens Sempurnakan Pengusulan Inggit Garnasih sebagai Pahlawan Nasional Perbesar

BANDUNG (Pajajaran Ekspres) — Pemerintah Provinsi Jawa Barat intens melakukan penelitian, diskusi, dan penyempurnaan administrasi maupun dokumen yang dibutuhkan untuk pengusulan Inggit Garnasih sebagai pahlawan nasional.

Hal itu dikatakan Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jabar Dewi Sartika dalam Seminar Nasional Pengusulan Calon Pahlawan Nasional Inggit Garnasih di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Jumat (17/02).

“Kami sudah banyak melakukan penelitian, diskusi dan penyempurnaan untuk gelar Ibu Inggit. Seminar ini juga sebagai tindak lanjut dan bagian penting pengusulan gelar pahlawan,” ucapnya.

Baca Juga :  Daop 2 Imbau Masyarakat Tidak Beraktivitas di Sekitar Jalur KA Saat Bulan Ramadhan

Pemda Provinsi Jabar juga sudah membentuk Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Provinsi Jabar untuk melakukan proses penelitian dan pengkajian terhadap Inggit Garnasih sebagai Calon Pahlawan Nasional (CPN) dari Provinsi Jabar pada 2023.

Sementara itu, Ketua TP2GD Provinsi Jabar Reiza D. Dienaputra memaparkan makna perjuangan Inggit Garnasih bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut Reiza, Inggit Garnasih menjadi tokoh penting dalam safari politik Ir. Soekarno saat membangun kesadaran rakyat tentang pentingnya kemerdekaan sekaligus pendirian Partai Nasional Indonesia (PNI) pada 1927.

Baca Juga :  Ridwan Kamil Bantu Pengobatan Anak Penderita Kelumpuhan

“Inggit Garnasih menjadi aktor penting dalam menguatkan Soekarno di pengasingan, baik Ende maupun Bengkulu. Sosok pejuang wanita dan wanita pejuang yang berhasil menjadikan pemuda Soekarno sebagai proklamator dan Presiden Pertama Republik Indonesia,” ucap Reiza.

Pernyataan senada disampaikan Anggota DPRD Jabar Abdy Yuhana. Menurutnya, Inggit Garnasih memberikan peran yang cukup besar dalam membangun bangsa Indonesia.

Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Tak Hanya Ramaikan Bursa Pilgub, Haru Siapkan Strategi Tuk Benahi Jabar Mendatang

25 Mei 2024 - 12:55 WIB

Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Tol, PT Jasa Raharja dan PT Jasa Marga Lakukan  Giat Pemasangan Stiker Panduan Keselamatan Berkendara

24 Mei 2024 - 15:19 WIB

PT Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Barat melaksanakan kegiatan Jasa Raharja mengajar bersama Institut Teknologi Bandung

24 Mei 2024 - 15:05 WIB

Jasa Raharja Jawa Barat Turut Ambil Bagian Dalam Giat Penertiban Kendaraan ODOL

24 Mei 2024 - 14:54 WIB

Jasa Raharja Perwakilan Sukabumi Gelar Rapat FKLL di Wilayah Kabupaten Cianjur

24 Mei 2024 - 14:43 WIB

Jasa Raharja Jawa Barat Turut Serta Dalam Kegiatan Operasi Keselamatan Hari Libur Waisak di Wilayah Kabupaten Bandung

23 Mei 2024 - 15:23 WIB

Trending di Berita Daerah