Menu

Mode Gelap
Nahdliyin Muda Usulkan Ridwan Kamil-Ono Surono di Pilgub Jabar 2024 Sekda Herman Suryatman: Operasi Pasar Bersubsidi Tuntas H-4 Lebaran Pastikan Keselamatan dan Kenyamanan, Perhatikan Aturan Bagasi Penumpang Whoosh Sehari Dilantik, Sekda Herman Suryatman Langsung Rapat secara Maraton Bey Machmudin Harap Kontribusi Bank BJB Semakin Besar dalam Pembangunan Jabar

Berita Nasional · 17 Feb 2023 14:48 WIB

Ridwan Kamil Apresiasi Penetapan Biaya Perjalanan Ibadah Haji Rp49,8 Juta


					Ridwan Kamil Apresiasi Penetapan Biaya Perjalanan Ibadah Haji Rp49,8 Juta Perbesar

BANDUNG (Pajajaran Ekspres) — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi penetapan biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) oleh Pemerintah dan DPR.

“Alhamdulilah, DPR dan pemerintah sudah menyepakati biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) calon jemaah haji 2023 rata-rata sebesar Rp49,8 juta per orang,” ujar Ridwan Kamil Usai Penandatanganan MoU rencana pembangunan Angkutan Umum Massal Perkotaan Koridor Barat – Timur (MRT East – West) di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (17/02).

Menurut Gubernur, kenaikan Bipih atau dulu disebut ongkos naik haji (ONH) tidak bisa dihindarkan. Ia yakin Pemerintah dan DPR telah mempertimbangkan secara detail agar Bipih masih terjangkau masyarakat.

Baca Juga :  Inilah Upaya Dinkes Jabar atasi KLB Campak di Kabupaten Bogor dan Bandung Barat

Sebelumnya diwacanakan Bipih naik hingga hampir dua kali lipat dan berdinamika di masyarakat.Namun kemudian biayanya turun melalui penetapan Pemerintah – DPR.

“Meski penurunannya ada yang bisa menerima atau tidak, kenaikan (Bipih) ini tidak bisa dihindari,” kata Ridwan Kamil.

Gubernur memastikan, semua calon jemaah haji termasuk dari Jabar yang telah melunasi Bipih sejak 2020, tidak perlu menambah biaya lagi.

“Kabar baiknya, biaya ini tidak dibebankan pada jemaah haji tahun 2020 yang sudah melunasi biaya hajinya,” kata Ridwan Kamil.

Baca Juga :  Bupati: Hadirnya Menkes di Sumedang, Motivasi untuk Jadi yang Terbaik

Gubernur menjelaskan, tahun 2023 Jabar mendapat kuota haji sebanyak 38.567 orang. “Mudah mudahan tidak ada kendala dalam pelunasan. Jika ada kendala, silakan lapor pada kantor wilayah Kementerian Agama,” kata Ridwan Kamil.

Untuk sukses haji 2023, Gubernur memiliki optimisme Jabar dapat memberikan kontribusi signifikan. Di antaranya dengan operasional Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka untuk keberangkatan dan kepulangan haji.

Artikel ini telah dibaca 93 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Tak Hanya Ramaikan Bursa Pilgub, Haru Siapkan Strategi Tuk Benahi Jabar Mendatang

25 Mei 2024 - 12:55 WIB

Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Tol, PT Jasa Raharja dan PT Jasa Marga Lakukan  Giat Pemasangan Stiker Panduan Keselamatan Berkendara

24 Mei 2024 - 15:19 WIB

PT Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Barat melaksanakan kegiatan Jasa Raharja mengajar bersama Institut Teknologi Bandung

24 Mei 2024 - 15:05 WIB

Jasa Raharja Jawa Barat Turut Ambil Bagian Dalam Giat Penertiban Kendaraan ODOL

24 Mei 2024 - 14:54 WIB

Jasa Raharja Perwakilan Sukabumi Gelar Rapat FKLL di Wilayah Kabupaten Cianjur

24 Mei 2024 - 14:43 WIB

Jasa Raharja Jawa Barat Turut Serta Dalam Kegiatan Operasi Keselamatan Hari Libur Waisak di Wilayah Kabupaten Bandung

23 Mei 2024 - 15:23 WIB

Trending di Berita Daerah