Menu

Mode Gelap
Sekda Herman Suryatman: Operasi Pasar Bersubsidi Tuntas H-4 Lebaran Pastikan Keselamatan dan Kenyamanan, Perhatikan Aturan Bagasi Penumpang Whoosh Sehari Dilantik, Sekda Herman Suryatman Langsung Rapat secara Maraton Bey Machmudin Harap Kontribusi Bank BJB Semakin Besar dalam Pembangunan Jabar Jelang Idulfitri, Pemkot Bandung Distribusikan Subsidi Kebutuhan Pokok untuk 20.000 KPM

Internasional · 18 Feb 2023 09:17 WIB

14 personel INASAR diterjunkan untuk melakukan pencarian korban gempa Turkiye


					14 personel INASAR diterjunkan untuk melakukan pencarian korban gempa Turkiye Perbesar

ATAKYA – Sebanyak 14 personel INASAR diterjunkan untuk melakukan pencarian korban gempa M7,8 pada hari ini, Jumat (17/2). Titik operasi berada pada sektor R atau wilayah elektrik di Antakya, Provinsi Hatay, Turkiye.

Team Leader INASAR Yopi Hariyadi mengatakan para personel yang tergabung dalam Tim Charlie ini didukung dengan seekor anjing pelacak kategori K-9. Informasi dari petugas yang berada di sektor R menyebtukan ada delapan orang yang masih dinyatakan hilang.

“Mereka diperkirakan berada di beberapa gedung,” ujar Yopi di base of operation (BoO), Hatay Expo, Jumat (17/2).

Pada lokasi pencarian alat berat eksavator membantu melakukan pembongkaran reruntuhan namun dengan memperhatikan operasi pencarian.

Baca Juga :  Menkes RI akui Aplikasi Simpati Kabupaten Sumedang Terbaik

“Kami memanfaatkan K-9 untuk pencarian di salah satu gedung,” tambah Yopi.

Selang beberapa jam kemudian, tim ini bergeser ke lokasi lain. Informasi saat itu, terdapat 3 warga yang dinyatakan berada di reruntuhan bangunan. Namun pencarian belum membuahkan hasil. Mereka beroperasi di wilayah terdampak reruntuhan bangunan selama kurang lebih 9 jam.

Sebelumnya, Tim Alfa diterjunkan terlebih dahulu untuk melakukan operasi di wilayah Diyarbakir, atau 8 jam perjalanan darat dari BoO. Pencarian tersebut difokuskan pada pencarian 2 WNI yang hilang. Tim ini kembali ke pos INASAR pada pukul 09.35 waktu setempat hari ini, Jumat (17/2).

Baca Juga :  Horeee... KA Panoramic akan beroperasi kembali !!!

“Sebanyak 14 personel Tim Alfa INASAR dan 1 anjing K-9 kembali menuju base of operation dari wilayah Diyarbakir,” ujarnya.

Pos INASAR berada di Hatay Expo, Antakya, Provinsi Hatay. Pada area tersebut, masih beroperasi tim Urban Search and Rescue (USAR) dari beberapa negara, antara lain Australia, Argentina dan Swiss. Mulai esok hari, koordinasi pencarian dan pertolongan tidak lagi di bawah kendali USAR Coordination Cell (UCC). Badan Penanggulangan Bencana Turkiye atau AFAD akan memimpin operasi pencarian dan pertolongan.

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Pastikan Kelancaran Arus Balik di Wilayah Lampung, Jasa Raharja Kemenko PMK, Kemenhub, dan Korlantas Polri Gelar Tinjauan ke Pelabuhan Panjang dan Bakauheni

14 April 2024 - 20:16 WIB

Turut Serta Lepas Arus Balik One Way, Rivan A. Purwantono Imbau Pemudik Kooperatif Ikuti Arahan Petugas

13 April 2024 - 14:22 WIB

Jasa Raharja Jamin Seluruh Korban Kecelakaan di Km 370 A Tol Batang – Semarang

11 April 2024 - 23:59 WIB

Jasa Raharja Serahkan Santunan Meninggal Dunia Kepada Satu Ahli Waris Korban Laka Km 58 yang Teridentifikasi

10 April 2024 - 07:31 WIB

KSBI Dan BARKIN Deklarasikan Gerilyawan Kang Haru

7 April 2024 - 00:36 WIB

Pastikan Kelancaran Arus Mudik, Jasa Raharja dan Korlantas Polri Tinjau Arus Mudik di Sejumlah Titik

6 April 2024 - 23:01 WIB

Trending di Berita Daerah