Menu

Mode Gelap
Sekda Herman Suryatman: Operasi Pasar Bersubsidi Tuntas H-4 Lebaran Pastikan Keselamatan dan Kenyamanan, Perhatikan Aturan Bagasi Penumpang Whoosh Sehari Dilantik, Sekda Herman Suryatman Langsung Rapat secara Maraton Bey Machmudin Harap Kontribusi Bank BJB Semakin Besar dalam Pembangunan Jabar Jelang Idulfitri, Pemkot Bandung Distribusikan Subsidi Kebutuhan Pokok untuk 20.000 KPM

Headline · 15 Feb 2023 07:32 WIB

Keutamaan Berdzikir Dzikir bagi Umat Islam


					Keutamaan Berdzikir Dzikir bagi Umat Islam Perbesar

Pajajaran Ekspres – Sudah selayaknya manusia yang rendah dan tidak sempurna selalu mengingat Allah SWT. Bahkan, dalam keadaan susah ataupun senang kita dianjurkan untuk selalu berserah diri kepada-Nya.

Mengingat Allah SWT bisa kita lakukan dengan berdzikir, yaitu salah satu ibadah sunnah untuk mengingat Allah SWT dalam bentuk ucapan lisan dengan berulang-ulang kali.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah keutamaan Berdzikir secara umum, salah satunya mendapatkan ampunan dan pahala yang besar dari Allah SWT.dapun orang yang selalu mengingat Allah SWT, maka akan diingat pula oleh Allah SWT.

Orang yang selalu mengingat Allah SWT, maka akan diingat pula oleh Allah SWT.
  • Allah SWT berfirman dalam Al Quran surah Al Baqarah ayat 152:”Maka ingatlah kamu kepadaKu, niscaya aku akan ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepadaKu, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)Ku.” (QS. Al Baqarah:152).

 

Dengan rutin Berdzikir, maka Allah SWT akan selalu membersamainya. yang dijelaskan dalam hadits qudsi,

  • Allah SWT berfirman: ”Aku sesuai persangkaan hambaKu. Aku bersamanya ketika ia mengingatKu. Jika ia mengingatKu saat bersendirian, Aku akan mengingatnya dalam diriKu. Jika ia mengingatKu di tengah sekumpulan manusia, Aku akan mengingatnya di tengah sekumpulan hamba yang lebih baik daripada mereka (kumpulan malaikat).” (Muttafaqun ‘Alaih).
Baca Juga :  Mantap! Bank Sampah Unit RW 10 Dago Tarik Tunai Rp28,7 Juta Hasil Menabung Sampah

Berdzikir kepada Allah SWT, maka akan mengulangi sedekah dengan emas dan perak.

  • Rasulullah SAW bersabda:”Maukah ku beritahukan kepada kalian amal yang paling baik dan paling suci di sisi Rabb kalian, dan yang paling tinggi derajatnya untuk kalian, juga lebih baik bagi kalian daripada menginfakkan emas dan perak, serta lebih baik bagi kalian daripada bertemu dengan musuh kalian lalu kalian menebas batang leher mereka dan mereka membalasanya?” Para sahabat berkata, “Tentu mau, wahai Rasulullah SAW.” Maka beliau menjawab, “Dzikir mengingat Allah SWT.” (HR. At Tirmidzi no. 3377).

 

Keutamaan Berdzikir kepada Allah SWT :

Merupakan salah satu wasiat dari Allah dan RasulNya.

  • Dari Abdullah bin Busr ra, bahwa ada seorang lelaki berkata,”Wahai Rasulullah SAW, sesungguhnya syariat Islam ini telah banyak bagiku, maka beritahulah kepadaku sesuatu yang bisa aku pegang selalu.” Beliau menjawab, “Hendaklah lisanmu selalu basah karena berdzikir kepada Allah SWT.” (HR. At Tirmidzi no. 3375).
  • Allah SWT berfirman dalam Al Quran surah Al Ahzab ayat 41:”Wahai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah dengan dzikir yang sebanyak-banyaknya.” (QS. Al Ahzab:41).
Baca Juga :  Tata Kelola Energi Primer Kokoh, PLN Tak Khawatir Ancaman Krisis Energi Global

 

Keutamaan Berdzikir yang Tidak Boleh Disepelekan :

Dengan memperbanyak Bal qurerdzikir, maka Allah SWT akan memberikan ampunan dan pahala yang besar bagi yang melakukannya.

  • Allah SWT berfirman dalam Al Quran surah Al Ahzab ayat 35:”Laki-laki dan perempuan yang banyak berdzikir (mengingat dan menyebut) Allah SWT, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al Ahzab:35).

 

Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Pastikan Kelancaran Arus Balik di Wilayah Lampung, Jasa Raharja Kemenko PMK, Kemenhub, dan Korlantas Polri Gelar Tinjauan ke Pelabuhan Panjang dan Bakauheni

14 April 2024 - 20:16 WIB

Turut Serta Lepas Arus Balik One Way, Rivan A. Purwantono Imbau Pemudik Kooperatif Ikuti Arahan Petugas

13 April 2024 - 14:22 WIB

Jasa Raharja Jamin Seluruh Korban Kecelakaan di Km 370 A Tol Batang – Semarang

11 April 2024 - 23:59 WIB

Jasa Raharja Serahkan Santunan Meninggal Dunia Kepada Satu Ahli Waris Korban Laka Km 58 yang Teridentifikasi

10 April 2024 - 07:31 WIB

Jasa Raharja Jamin Seluruh Korban Kecelakaan yang Libatkan Bus Primajasa dengan Dua Minibus di Tol Jakarta-Cikampek

8 April 2024 - 17:23 WIB

KSBI Dan BARKIN Deklarasikan Gerilyawan Kang Haru

7 April 2024 - 00:36 WIB

Trending di Berita Daerah