Menu

Mode Gelap
Luncurkan Layanan Batik di Tasikmalaya, Amanda Soemedi Sebut Momentum Tingkatkan Pelayanan kepada Industri Kecil dan Menengah Melek Potensi, Kecamatan Mandalajati Kini Jadi Laboratorium Penanganan Bencana Kota Bandung Bey Machmudin: Koperasi Miliki Peran Penting Lengkapi Ekosistem Usaha Rakyat Bey Machmudin Terus Dorong Peningkatan Volume Ekspor Kopi dan Kakao Jawa Barat Nahdliyin Muda Usulkan Ridwan Kamil-Ono Surono di Pilgub Jabar 2024

Beranda · 25 Jun 2024 15:03 WIB

Bey Machmudin Harap Melalui Literasi, Tekan Pinjol di Jabar


					Bey Machmudin Harap Melalui Literasi, Tekan Pinjol di Jabar Perbesar

BANDUNG – Penjabat (Pj) Gubernur Bey Machmudin berharap, dengan meningkatnya literasi masyarakat, dapat menekan angka pinjaman online (pinjol) di Provinsi Jawa Barat.

Sebab Bey Machmudin merasa miris, banyak masyarakat di Jawa Barat terjerat pinjol. Padahal menurutnya, tidak ada keuntungan yang didapat selain hanya menerima pinjaman instan.

Setelah itu rugi. Kami memiliki masalah serius dengan pinjol. Jawa Barat tertinggi pinjol, Rp16,5 triliun. Kalau tingkat literasi masyarakat tinggi, saya rasa ini bisa ditekan,” ujar Bey Machmudin dalam sambutannya di rangkaian kegiatan Indonesia Membaca di Kota Bandung, Selasa 25 Juni 2024.

Baca Juga :  Bey Machmudin Sambut Positif RoD DPRD Jabar dan Chungcheongnam-do Korea Selatan

Dia pun merasa heran, sudah jelas merugikan tapi banyak masyarakat yang bergantung dengan pinjol. Apalagi rerata yang terjerat kasus pinjol, akibat gaya hidup.

“Saya juga heran, perasaan saya orangtua kita dulu sering ingatkan, kalau hidup jangan hutang. Mending ge seayana. Tapi kenapa nilai itu bergeser? Jadilah diri kita seutuhnya,” ucapnya.

Sebab itu Pemprov Jabar kata Bey Machmudin, akan terus memberikan edukasi terkait bahaya pinjol. Mengingat suku bunga yang tinggi, sudah pasti akan menyusahkan masyarakat.

Baca Juga :  Bey Machmudin Minta Pj Kepala Daerah Jaga Integritas

“Kami terus mengingatkan masyarakat, tapi kadang godaan tinggi (kemudahan meminjam),” tuturnya.

Seperti diketahui, berdasarkan data per Januari 2024, jumlah pengguna pinjol meningkat tajam. Dimana outstanding atau jumlah pinjaman mencapai Rp16,553 triliun. Naik 22,6 persen dibanding tahun sebelumnya.

Ini menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi tertinggi pengguna pinjol di Indonesia pada saat ini. 

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

Jasa Raharja Garut Laksanakan Kegiatan Kunjungan Rutin ke Unit Gakkum Polres Garut

16 Juli 2024 - 07:03 WIB

PT Jasa Raharja Bersama P3DW Kota Bekasi Sosialisasi Manfaat PKB dan SWDKLLJ

16 Juli 2024 - 06:57 WIB

Jasa Raharja Bandung Bersama P3D Wilayah Kota Bandung I Pajajaran Lakukan Kegiatan Intensifikasi Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor

16 Juli 2024 - 06:53 WIB

Jasa Raharja Turut dalam Penandatanganan MOU Terpadu dengan Polresta Bandung dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Guna Penanganan Cepat Korban Laka Lantas

16 Juli 2024 - 06:48 WIB

Jasa Raharja Jawa Barat Turut Dalam Kegiatan Kampanye Keselamatan dan Sukseskan Operasi Patuh Lodaya 2024

16 Juli 2024 - 06:44 WIB

Lakukan Preventif Laka Lantas, Jasa Raharja Karawang Bersama Dishub Kabupaten Karawang Pasang Voice Announcer di Perlintasan Kereta Api

16 Juli 2024 - 06:28 WIB

Trending di Headline