Menu

Mode Gelap
Nahdliyin Muda Usulkan Ridwan Kamil-Ono Surono di Pilgub Jabar 2024 Sekda Herman Suryatman: Operasi Pasar Bersubsidi Tuntas H-4 Lebaran Pastikan Keselamatan dan Kenyamanan, Perhatikan Aturan Bagasi Penumpang Whoosh Sehari Dilantik, Sekda Herman Suryatman Langsung Rapat secara Maraton Bey Machmudin Harap Kontribusi Bank BJB Semakin Besar dalam Pembangunan Jabar

Headline · 13 Feb 2023 10:16 WIB

Apakah Kalimantan bebas gempa? Ini penjelasan BMKG!


					Apakah Kalimantan bebas gempa? Ini penjelasan BMKG! Perbesar

BANDUNG (Pajajaran Ekspres) – Negara-negara yang terletak di Cincin Api, seperti Indonesia, Jepang, dan Peru, sangat rentan terhadap gempa bumi. Kita tidak tahu kapan atau di mana gempa bumi akan terjadi, sehingga menjadikannya bencana besar. Akan ada konsekuensi serius ketika gempa bumi terjadi. Seperti yang terjadi di Turki baru-baru ini.

Banyak gempa bumi dahsyat yang terjadi di Indonesia, yang mengakibatkan banyak korban jiwa. Cianjur adalah tempat terjadinya gempa bumi yang terbaru pada bulan November 2022. Aktivitas seismik telah didokumentasikan di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Gempa bumi melanda Jayapura beberapa waktu lalu, gempa bumi lainnya melanda Bali, dan gempa bumi melanda Sulawesi, lebih khusus lagi Palu, yang memicu tsunami dahsyat. Tidak perlu ditanyakan lagi frekuensi gempa bumi yang melanda Jawad dan Sumatra, dua pulau di Samudera Hindia. Jadi, coba katakan, ke mana Anda bisa pergi untuk menghindari cedera saat gempa bumi?

Baca Juga :  14 personel INASAR diterjunkan untuk melakukan pencarian korban gempa Turkiye

Kalimantan benar. Pulau terbesar yang kini terbagi menjadi tiga negara ini merupakan wilayah yang paling jarang dilanda gempa di Indonesia. Hal ini dikarenakan aktivitas tektonik di Kalimantan sangat moderat dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia. Daerah ini relatif bebas dari patahan aktif. Jika ada, kemungkinan besar letaknya jauh dari titik gempa.

Baca Juga :  Wali Kota Bandung Apresiasi Kinerja dan Kolaborasi Bersama Polri Wujudkan Keamanan Kota

Selain itu, Kalimantan terletak jauh dari zona tumbukan lempeng. Karena pulau ini tidak memiliki gunung berapi, maka kecil kemungkinan terjadi letusan gunung berapi.
Apakah Anda sekarang mengerti mengapa diputuskan untuk memindahkan ibu kota ke sana?

Penasaran dengan waktu terjadinya gempa bumi baru-baru ini di Kalimantan, dan penelitiannya menunjukkan bahwa tahun 2018 adalah yang terbaru. Kalimantan Tengah mengalami gempa berkekuatan 4,2 SR pada pertengahan bulan Juli. Katingan, Batutinggi, Kasongan, dan Bengkuang merasakan getaran gempa. Gempa tersebut dilaporkan menyebabkan kerusakan kecil pada satu rumah.

Artikel ini telah dibaca 105 kali

badge-check

Penulis Berita

Baca Lainnya

PKS Kota Bandung Telah Ajukan 2 Nama Tuk Pilwalkot Mendatang

19 Mei 2024 - 20:03 WIB

PKS Mantapkan Peluang Koalisi Tuk Menatap Pilgub Jabar

19 Mei 2024 - 19:58 WIB

Jasa Raharja Turut Dalam Kegiatan Pelaksanaan Penambahan Loket Khusus Pendaftaran Kendaraan Listrik di Samsat Rancaekek

18 Mei 2024 - 09:29 WIB

Masalah Tak Kunjung Usai, Masyarakat Kab. Bandung Harapkan Pemimpin Kedepan Lebih Concern

18 Mei 2024 - 09:05 WIB

Forum Silaturahmi Tanpa Batas Kab. Bandung Deklarasikan Haru Suandharu Untuk Gubernur Jabar

18 Mei 2024 - 09:01 WIB

Koordinasi Jasa Raharja Jawa Barat Dengan Bapenda Jawa Barat

17 Mei 2024 - 20:24 WIB

Trending di Berita Daerah